Tugas suci Guru TIK/KKPI pada Kurikulum 2013

Danyl Sasmita MTSN PASIRIPISOleh : Danyl Sasmita *)

Akhirnya saya posting juga artikel terbaru, setelah sekian lama gak pernah posting. Sibuk dengan kerjaan rutin ditambah belum ada kiriman artikel dari Guru-guru MTsN Pasiripis Kab Sukabumi hingga akhirnya belum update posting terbaru di website ini. Mungkin hari ini, di awal bulan Agustus posting ini cocok untuk disimak πŸ™‚ Mudah-mudahan sebagai penyemangat di awal tahun pelajaran baru 2014/2015.

Hal menarik yang akan saya tampilkan disini yaitu mengenai salah satu ‘Takdir’ Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) kaitannya dengan Kurikulum terbaru, ya itu Kurikulum 2013. Pada awal kisahnya, mapel TIK tidak ada di kurikulum 2013 tapi katanya tetap ada dengan jalan diintegrasikan dengan semua mata pelajaran. Sangat membingungkan tatkala banyak guru yang mungkin belum melek komputer. Akan sangat susah bagaimana mengintegrasikan TIK pada mapel yang dipegangnya. Akan kebingungan juga bagaimana nasib guru TIK pada waktu itu karena secara bertahap hilang dari peredaran. Karena untuk tahun pelajaran 2014/2015 untuk Kemenag baru kelas VI yang tidak ada TIK. Tahun berikutnya kelas VIII, IX. Hingga ankhirnya mapel TIK tidak ada.

Tak lama dari pengesahan kurikulum 2013 tersebut. lahirlah solidaritas dari seluruh Guru TIK/KKPI se Indonesia. Mereka, saya sebagai guru TIK membutuhkan kejelasan mengenai perannya di Kurikulum 2013 tersebut. Rekan seperjuangan guru TIK/KKPI telah melahirkan sebuah website perjuangan TIK/KKPI yang beralamat di agtikknas.org. Sebagai langkah awal perjuangan dimulai dari sini.

Bersabar karena pasti akan mendapatkan jawabannya, mungkin itulah sifat terpuji dari para Guru TIK/KKPI Indonesia πŸ™‚ Tetap bersabar…. Draf yang disusun oleh TIM AGTIKKNAS yang memuat Bagaimana Peran Guru TIK pada Kurikulum 2013 telah menjadi acuan kemunculan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) No 68 Tahun 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) No 68 Tahun 2014 telah menghilangkan kegundahan, kegalauan bagi mereka saya Guru TIK/KKPI. Bersyukur dengan terbitnya Permendikbud tersebut karena memberikan kejelasan bagaiamana peran Guru TIK/KKPI pada Kurikulum 2013.

Siapa Guru TIK/KKPI pada Kurikulum 2013?
Sesuai dengan yang terdapat di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) No 68 Tahun 2014 tepatnya tertuang pada BAB 1 Ayat 2 Ketentuan Umum, inilah pengertian Guru TIK/KKPI pada Kurikulum 2013.

Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi yang selanjutnya disingkat Guru TIK dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi yang selanjutnya disingkat Guru KKPI adalah guru yang memiliki kualifikasi akademik S1/D-IV bidang teknologi informasi atau sejenisnya yang telah memiliki sertifikat pendidik bidang Teknologi Informasi atau Komunikasi /Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi.

Saat ini banyak Guru TIK/KKPI yang berlatar belakang bukan dari TIK dan banyak juga yang belum di Sertifikasi. Simpel… Bagi yang belum punya S1 Jurusan Komputer, segera kuliah. Karena bagi guru yang belum S1 Komputer cuma berhak mengajar TIK/KKPI sampai 31 Desember 2016.Hal ini terdapat pada BAB V Ketentuan Peralihan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) No 68 Tahun 2014. Keputusan tersebut berlaku juga yang sudah di Sertifikasi TIK/KKPI namun belum S1 Komputer.

Setiap keputusan pada intinya mungkin ada beberapa pihak (Guru) yang masih belum ‘terangkul dengan kebijakan baru ini. Salah satunya tadi, bagi yang belum S1 Komputer dituntut harus segera menyelesaikan kuliahnya. Hal tersebut, pastinya demi keprofesionalan sebagai seorang Guru TIK/KKPI.

Ada peran dan tugas yangΒ  ‘baru untuk Guru TIK/KKPI yang memenuhi/masuk kategori sebagai Guru TIK/KKPI. Mudah-mudahan semua Guru TIK/KKPI bisa ikut andil dalam mensukseskan kurikulum 2013. Karena teknologi tidak akan pernah punah, maka sudah sepatutnya GURU TIK/KKPI tetap ada, abadi dan tetap bisa mengamalkan ilmunya πŸ™‚

Download lengkap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) No 68 Tahun 2014 klik disini.

Salam TIK/KKPI

Danyl Sasmita
*) Guru TIK MTsN Pasiripis Kab. Sukabumi

 

(Total dibaca sebanyak 678 kali)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *